10 Makanan Khas Bengkulu dengan Cita Rasa yang Otentik

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal lantaran terdapat bunga legendaris bernama Rafflesia Arnoldi. Akan tetapi selain bunga rafflesia, pada kenyataannya daerah  ini juga menyimpan segudang hal menarik untuk dikulik.

Misalnya saja pada hidangan khasnya yang tersohor akan kelezatannya. Penasaran apa saja makanan khas Bengkulu? Berikut ulasannya.

Read More
  1. Bagar Hiu

Mendengar namanya  pastinya Anda sudah bisa menebak bahan dasar dari menu makanan satu ini adalah ikan hiu. Bagar Hiu memang merupakan salah satu jenis hidangan unik yang bisa dijumpai di Bengkulu dengan bahan dasarnya dari ikan hiu.

Terkait rasanya jangan ragukan lagi, pasalnya sajian satu ini telah diolah menggunakan santan serta perpaduan bumbu khas lainnya.

 

  1. Lema Khas Bengkulu

Jika dilihat dari penampilannya, Lema tidak jauh beda dengan hidangan asal Pulau Jawa. Yang mana menggunakan rebung atau bambu muda sebagai bahan utamanya. Hanya saja, rebung pada olahan ini telah dicincang dengan ikan sepat atau ikan mujair lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

Pengolahan tersebutlah yang membuat Lema memiliki cita rasa begitu otentik.

 

  1. Lempok Durian Bengkulu

Bagi pecinta durian, wajib hukumnya mencicipi hidangan kuliner satu ini. Bengkulu menjadi salah satu daerah yang memiliki pepohonan durian sangat melimpah. Jadi tak heran bila masyarakat setempat memanfaatkannya dengan mengolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya Lempok Durian Bengkulu.

Berkat rasa lezatnya, lempok sering menjadi incaran dan oleh-oleh pelancong yang datang ke Bengkulu.

 

  1. Kue Bay Tat Khas Bengkulu

Dulu makanan khas ini hanya bisa disantap oleh para raja dan keturunanya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, siapa saja boleh mencobanya. Kue Bay Tat terbuat dari tepung gandum, gula pasir, mentega, santan kelapa, dan telur.

Baca Juga  Kerupuk Rebung Kaya Manfaat Dan Punya Nilai Ekonomis Tingi

Semua bahan tersebut diaduk hingga menjadi adonan lalu dipanggang. Setelah itu, diolesi dengan selai nanas atau keju.

 

 

  1. Gulai Kemba’ang

Bertandang ke Bengkulu akan terasa hampa jika belum mencicipi olahan terkenal bernama Gulai Kemba’ang ini. Kepamoran dari santapan khas satu ini tidak lain karena cita rasanya yang sangat lezat.

Terlebih lagi, aroma yang dimunculkan sangatlah kuat. Jadi jangan heran jika banyak sekali orang yang kerap menjadikan makanan khas Bengkulu ini sebagai hidangan utama.

 

  1. Gulai Pisang

Setelah Gulai Kemba’ang, olahan kuliner populer selanjutnya di Bengkulu yakni Gulai Pisang. Ketika menengok dari penampilannya, pasti banyak yang beranggapan aneh dan sangat asing.

Namun siapa sangka, ternyata cita rasanya sangatlah enak dan lezat. Hal ini lantaran perpaduan bumbu dan rempah yang berhasil membuat pisang diolah sebaik mungkin.

 

  1. Kue Perut Punai

Perut Punia merupakan makanan yang berwujud kue dengan dua varian rasa yakni original dan manis. Nama dari hidangan ini berasal dari penampilannya yang terbilang unik.

Yang mana memiliki bentuk layaknya perut burung Punai. Dengan cita rasanya yang begitu khas dan enak, ampuh membuat siapa saja yang mencobanya menjadi ketagihan dan ingin terus menyantapnya.

 

  1. Pendap

Pendap adalah kuliner khas Bengkulu yang wajib untuk dicoba. Pasalnya, pendap dibuat dari ikan yang dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah yang khas. Mulai dari kencur, cabe giling halus, parutan kelapa, dan bawang putih.

Bumbu tersebut akan dicampurkan dengan ikan lalu dibungkus menggunakan daun talas dan dikukus hingga bumbu meresap secara sempurna.

 

  1. Manisan Terong Bengkulu

Umumnya sebagian besar orang mengenal jika manisan terbuat dari bahan baku buah buahan segar yang memiliki rasa manis ataupun asam.

Baca Juga  Peyek Daun Kopi Kuliner Unggulan Desa Batu Ampar

Beda halnya di Bengkulu, yang mana Anda akan menjumpai manisan unik dengan bahan baku yang tidak biasa yakni terong.

Pastinya banyak yang merasa heran. Namun siapa sangka, ternyata terong bisa dijadikan manisan yang begitu lezat.

 

  1. Tempoyak

Olahan durian selanjutnya yang tak kalah lezatnya yakni Tempoyak. Buah durian yang digunakan sebelumnya difermentasi terlebih dahulu, baru kemudian diolah menggunakan ikan patin.

Rasanya yang begitu unik dan lezat, membuat siapa saja tak ingin menolak mencicipi makanan khas Bengkulu ini. Untuk itu, kini giliran Anda mencobanya secara langsung di Bengkulu.

 

 

Menyantap berbagai olahan kuliner tradisional ketika berada di suatu wilayah terutama di Bengkulu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi, berbagai makanan dan minuman khas dari Bengkulu ini telah terkenal akan rasanya yang sangat unik dan lezat. Tentu akan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan dan berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.