5 Destinasi Wisata Paling Menarik di Bengkulu

Bengkulu yang lebih dikenal sebagai Bumi Rafflesia memiliki potensi wisata yang luar biasa mempesona. Bengkulu memang kaya dengan pesona budaya, sejarah, alam dan kearifan lokal yang layak menjadi destinasi Tempat Wisata unggulan di Indonesia.

Pada artikel ini akan dibahas 5 Tempat Wisata Paling Menarik di Bengkulu diantaranya: Pantai Panjang, Benteng Marlborough, Danau Dendam Tak Sudah, Bukit Kaba, serta Pulau Tikus.

Read More

 1 Pantai Panjang

Pantai Panjang, dari namanya, Anda pasti sudah tahu bahwa pantai ini terletak di Provinsi Bengkulu. Bengkulu merupakan provinsi yang juga memiliki garis pantai yang tegas dengan keindahan pantai nya.

Pantai Panjang Bengkulu ini terdapat di kota Bengkulu, Ibukota Provinsi Bengkulu. Dinamakan demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter.

Jika anda dari bandara bisa menggunakan taksi atau menggunakan kendaraan umum, dari bandara anda bisa naik angkot putih menuju ke terminal Panorama dari terminal Panorama anda naik angkot yang berwarna kuning yang menuju langsung ke Pantai Panjang.

 

2 Benteng Marlborough

Setelah lebih kurang 140 tahun Pemerintah Inggris berada di Bengkulu, mereka banyak meninggalkan “warisan” peninggalan bersejarah. Salah satunya adalah Tempat Wisata Benteng Marlborough.

Benteng Marlborough merupakan bangunan kokoh peninggalan Inggris yang dibangun pada 1713 hingga 1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Collet. Terletak di Jln. Jend. Ahmad Yani, Bengkulu.

Jika anda dari bandara bisa menggunakan taksi atau bila anda menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkot putih menuju ke terminal Panorama dari terminal Panorama anda menggunakan angkot yang berwarna kuning yang menuju Benteng Marlborough langsung.

Baca Juga  Ombudsman Dorong Perbaikan Tata Kelola Pupuk Bersubsidi

Konon, benteng ini merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur setelah benteng St. George di Madras, India.

3 Danau Dendam Tak Sudah (DDTS)

Danau Dendam Tak Sudah atau sering disingkat DDTS, merupakan salah satu Tempat Wisata primadona Bengkulu yang belum terjamah promosi. Danau dengan luas 577 hektare (Ha) dan luas permukaan danau sekitar 67 Ha ini terletak di Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) Bengkulu ini memang belum setenar danau-danau besar Indonesia lainnya. Seperti Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Maninjau dan Danau Singkarak di Sumatera Barat juga Danau Ranau di Lampung.

 

4 Bukit Kaba

Provinsi Bengkulu hanya memiliki dua gunung yaitu, Bukit Daun dan Bukit Kaba. Keduanya terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang menghijau ditanami sayur dan buah-buahan segar. Dari kedua gunung tersebut adalah Bukit Kaba yang lebih populer, karena terkenal ramah untuk pendaki pemula.

Bukit Kaba merupakan sebuah Tempat Wisata gunung dengan ketinggian 1937 Mdpl yang termasuk dalam Taman Wisata Alam dengan luas wilayahnya sekitar 13.940 Ha. Kondisi alamnya yang masih asri dan alami serta pemandangannya yang cantik menjadikan tempat ini salah satu favorit bagi kalangan pendaki.

Jika anda ingin mendaki dengan santai tanpa harus menguras tenaga untuk mencapainya, Bukit Kaba bisa menjadi alternatifnya. Gunung Kaba atau lebih dikenal dengan Bukit Kaba ini terletak di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupuh Rejang Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

 

5 Pulau Tikus

Bagi sebagian orang tikus memang hewan yang menjijikan dan bisa mendatangkan penyakit. Namun nama hewan ini digunakan untuk sebuah nama pulau kecil di Bengkulu yang begitu indah, baik luar ataupun dalam lautannya.

Pulau yang berjarak 10 km dari ibukota Bengkulu dan hanya memiliki luas kurang dari 1.5 Ha tersebut bernama Pulau Tikus. Pulau ini cukup menarik minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena keindahannya.

Baca Juga  Tim Labfor Polda Sumsel Selidiki Penyebab Kebakaran Di Kantor DPRD Kota Bengkulu

Pulau yang berada tak jauh dari Pantai Panjang menyimpan banyak keindahan yang tak hanya membius wisatawan namun juga cukup menggoda karena ada beberapa fauna yang menjadikannya sebagai rumah.

Pulau Tikus merupakan salah satu destinasi Tempat Wisata bahari yang cukup populer di Kota Bengkulu. Pulau ini merupakan pulau berukuran kecil (sekitar lebih kurang 2 ha) yang didominasi oleh karang laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *