Lemang Tapai Masakan Populer Dari Sumatera

ilustrasi Google
ilustrasi Google

Lemang adalah masakan populer daerah Sumatera berupa ketan yang dipanggang dalam tabung bambu dan biasanya bercita rasa gurih. Kali ini lemang dibuat manis dengan isi pisang didalamnya.

Cara membuat Lemang

Read More

Lemang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, santan kelapa, bumbu rempah dan penyedap.

Pertama sekali, beras ketan dicuci bersih kemudian direndam selama lebih kurang satu jam. Sementara direndam, bambu yang akan dipakai dicuci bersih kemudian dialas dengan daun pisang dibagian dalam.

Kemudian beras ketan yang sudah dibubuhi garam dan gula dimasukan kedalam bambu. Setelah itu ditambahkan santan kelapa. Baru kemudian dibakar dengan api kecil hingga beras ketas matang sempurna.

 

Tape Ketan

Lemang walaupun bisa dimakan langsung namun akan lebih nikmat jika dikonsumsi dengan tapai. Lemang dengan rasa gurih-gurih asin disiram dengan kuah tapai yang sedikit asam akan menghasilkan petualangan rasa tersendiri.

Tape dibuat dengan proses fermentasi dari bahan-bahan yang mengandung karbohidrat seperti beras ketan dan singkong.

Tape dapat bertahan di dalam suhu ruangan hingga 2 sampai 3 hari apabila saat fermentasi, menggunakan suhu kamar (lebih dari 20 derajat hingga 25 derajat celcius) dan tidak boleh lebih.
Tapai ketan atau tapai pulut, dibuat dari beras ketan, baik dari ketan putih maupun hitam.

 

Lemang Pisang

Cara pembuatan lemang pisang sama dengan cara pembuatan lemang biasa hanya yang membedakan sebelum dimasukan kedalam bambu adonan lemang dicampur dengan potongan pisang yang sudah dipotog-potong kecil.

Baca Juga  Walikota Bengkulu Sosialisasikan Pentingnya Vaksin di SMAN 1 Kota Bengkulu

Meskipun sama-sama terbuat dari bahan dasar ketan putih. Lemang satu ini cocok untuk anda yang menginginkan kombinasi rasa lamang yang gurih dan pisang yang manis. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *