Gulai Ayam Galundi Khas Solok, Enaknya Bikin Ingat Kampung Halaman

samba hitam

Kawasan Sumatera Barat dikenal dengan panganan yang mempunyai citarasa ‘tebal’. Berkat penggunaan berbagai macam rempah-rempah dan proses memasak yang cukup lama sehingga bumbu meresap sempurna. Salah satu kuliner Sumatera Barat yang bahkan sudah mendunia adalah nasi Padang.

Namun, tidak hanya Padang yang memiliki penganan khas. Kabupaten Solok, salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Barat juga memiliki kuliner khas yang berwarna hitam disebut gulai ayam galundi.

Read More

 

 

Gulai Ayam Galudi masakan khas Kecamata X Koto Diatas, Kabupaten Solok

samba hitamAyam masak hitam atau bisa juga disebut gulai hitam dimasak dengan rempah-rempah seperti bumbu masak gulai, disaat gulai setengah matang dimasukan bubuk dari buah galundi yang sudah di sangria dan digiling halus.

Walau memiliki penampilan berwarna hitam, gulai ayam galundi memiliki tekstur empuk dan citarasa yang gurih layaknya gulai pada umumnya.

Penggunaan Buah Galundi

Seperti halnya rawon dan brongkos, masakan yang berasal dari Jawa, menggunakan pewarna alami untuk menghasilkan warna hitam pada masakan. Kalau kedua makanan tersebut mencampur buah keluwek saat proses memasak, olahan ayam dari Solok ini menambahkan buah galundi. Sebelum dipakai, biji galundi dipanaskan di dalam periuk tanah liat. Setelah gosong, biji ditumbuk sampai halus.

 

Kuliner Khusus Acara Besar

Bumbu berwarna hitam ini biasa disebut sambal hitam yang dibuat berdasarkan resep turun temurun. Sehingga citarasa sambal hitam tidak berubah. Gulai ayam galundi merupakan menu wajib yang harus selalu dihidangkan setiap ada acara besar. Seperti pertemuan keluarga, perayaan hari raya, dan juga pernikahan. (Rie)

Baca Juga  DPRD BU Gelar Paripurna Penyampaian Pandangan Umum Fraksi atas Raperda Pembangunan Industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *