Gubernur Bengkulu Ajak Masyarakat Minang Jaga Dan Lestarikan Adat Budaya Daerah

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah

BuliranNews. Bengkulu – Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. mengajak seluruh masyarakat Bengkulu terutama masyarakat minang yang merantau di Provinsi Bengkulu untuk dapat menjaga dan melestarikan adat budaya daerah asal, hal ini disampaikannya dalam kata sambutanya pada pembukaan Kesenian Irama Minang (KIM) di Gendung Balai Buntar tadi malam.

Read More

“Selamat malam dan selamat datang bundo kanduang dari minangkabau ibu Ny. Harneli Mahyeldi istri bapak Gubernur Sumatera Barat yang sudah berkenan hadir di bumi rafflesia,” kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Selasa Malam (20/12/2022).

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan KIM “Bakumpua Basamo Urang Minang” ini diharapkan dapat lebih mempererat tali silaturhami dan kebersamaan masyarakat minang yang merantau di Bengkulu.

Gubernur berpesan kepada seluruh masyarakat minang untuk dapat menjaga adat istiadat, jaga selalu kekompakan sesuai pepatah-petitih minang kabau “Dimaa Bumi Di Pijak Di Situ Langik Dijunjuang,”.

Sementara itu ketua DPD IKM Kota Bengkulu Fahmi Pranata R. Sutan Rajo Ameh dalam sambutannya mengatakan acara ini terlaksana atas dukungan, bantuan dan kerjasama masyarakat minang yang ada di Bengkulu.

“Tanpa adanya bantuan, dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat minang acara KIM “Bakumpua Basamo Urang Minang” tidak mungkin terlaksana.

Ia menambahkan Kesenian KIM ini sudah familiar ditelinga masyarakat terutama masyarakat minang, namun apa itu KIM masih banyak yang belum mengetahuinya.

“KIM merupakan kesenian Minang Berhadiah dimana nantinya pemandu akan menggunakan pantun sambil bernyanyi dan di akhirnya akan menyebutkan angka mana yang keluar,” katanya (Eri)

Baca Juga  Kembangkan Objek Wisata Tebat Gelumpai Bupati BS Sambangi Dinas Pariwisata Provinsi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *