Anggota DPRD BU Hadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Dan Penutupan Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City

Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City

BuliranNews. Argamakmur  – Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Utara, Sudarman menghadiri penutupan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win program unggulan Kabupaten tahun 2022 oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Utara (BU) Arie Septia Adinata,  SE, M.Ap, di Balai Ratu Samban, pada Selasa (20/9/2022).

Pada kegiatan tersebut selain dihadiri anggota dewan juga dihadiri, Kabid Egov Diskominfotik Prov Bengkulu, Heni Kauri, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Tim tenaga ahli penyusunan Master Plan Smart City, seluruh Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, pimpinan Bank Bengkulu cabang Arga Makmur, Rektor Universitas Ratu Samban, Kepala Kantor Telkom area Arga Makmur, Manajer PLN persero area Bengkulu Utara dan seluruh peserta bimbingan teknik penyusunan Master Plan Smart City.

Read More

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kominfo BU Suryadi S.STP, M.Si mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang berpartisipasi untuk mensukseskan acara ini.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI nomor B-73/DJAI/AI.01.02/2022 tanggal 3 Februari 2022 perihal penyampaian keikutsertaan dalam gerakan menuju kota cerdas smart city.

“Bimtek penyusunan master plan smart city diikuti oleh 92 orang peserta yang berasal dari OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara,”jelas Kadis Kominfo BU.

Sementara itu, Wakil Bupati BU  Arie Septia Adinata SE, M.Ap dalam sambutanya menuturkan, “Alhamdulillah hari ini teman-teman dari Kabupaten Bengkulu Utara mendapat berkah dari Kementerian kominfo untuk menjadi bagian dari 50 Kabupaten/Kota yang menjadi proyek percontohan untuk Smart City yang ada di Indonesia,”tuturnya.

Baca Juga  Pencemaran Sungai Bintunan Isu Utama Hearing Komisi III Dengan PT SIL

“Konsep Smart City atau kota cerdas adalah kota yang dapat mengelola berbagai sumberdaya secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif, terintegritas dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan-layanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”tuturnya.

Wakil Bupati BU juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang menginisiasi Gerakan menuju 100 Smart City serta melakukan pendampingan kepada pemerintah kabupaten Bengkulu Utara dalam melaksanakan Bimtek penyusunan Masterplan kota cerdas dan program Quick Win Kabupaten Bengkulu Utara.

“Bentuk kegiatan ini adalah bimbingan teknis dan FGD perdimensi, Bimtek ini dilaksanakan empat tahap dimulai pada bulan Juni, Juli, Agustus dan September yang di laksanakan di Balai Ratu Samban BU. Hasil dari kegiatan ini dapat menjadikan dokumen/buku masterplan kota cerdas smart city Kabupaten BU,”tutupnya.

Diakhir acara, Wakil Bupati BU bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Teken Nota kesepahaman tentang Implementasi gerakan menuju kota cerdas smart city Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2022.(Adv)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *