Dewan Minta Lurah Yang Tidak Sampaikan Data Penerima Bansos Dievaluasi

Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin

Bengkulu_BuliranNews. Kota Bengkulu – Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin meminta agar Walikota Bengkulu, Helmi Hasan mengevaluasi kinerja Lurah yang tak menyampaikan usulan nama warganya sebagai calon penerima bantuan sosial. Padahal bantuan tersebut diperuntukan untuk seluruh warga Kota Bengkulu yang memang memenuhi kriteria dan tidak mungkin dalam satu kelurahan tidak ada satupun warga masuk dalam kategori penerima.

Hingga hari terakhir penyampaian data penerima bansos BBM, ternyata ada 10 kelurahan yang tak mengusulkan satu pun warga sebagai penerima bansos. Dampaknya seluruh warga di 10 kelurahan terancam tidak mendapat bansos BBM Rp 600 ribu. Padahal bansos  yang dialokasikan pemerintah pusat tersebut sangat berguna bagi masyarakat kurang mampu di tengah kenaikan harga BBM.

Read More

“Masa ada 10 kelurahan tidak ada warganya yang memenuhi kriteria itu kan alasan saja untuk itu kita minta walikota melakukan evaluasi terhadap kinerja para lurah tersebut. Karena ini merugikan warga sebagai penerima,” jelasnya, Kamis (13/10/2022).

Menindaklanjuti permasalahan tersebut, Dinas Sosial sudah menyurati seluruh lurah untuk mendata warga yang berhak sebagai penerima bansos. Untuk kriteria yang berhak menerima bantuan ini seperti profesi ojek, pelaku usaha mikro kecil menengah, dan nelayan.

Dalam situasi ini, pemerintah belum memberi petunjuk apakah diberi perpanjangan waktu untuk pendataan atau masyarakat penerima yang harus mendapatkan dampaknya. (Adv)

Baca Juga  Wabup Lantik 37 Pejabat Administrasi di Lingkungan Pemkab Bengkulu Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *