Hari Pertama Operasi Zebra Nala 2022, Polres Mukomuko Tilang 20 Ranmor

operasi zebra nala 2022 di Kabupaten Mukomuko

BuliranNews. Mukomuko – Hari pertama Operasi Zebra Nala 2022 yang digelar personel Sat Lantas Polres Mukomuko untuk menertibkan pengendara yang tidak mematuhi aturan berkendara sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) berhasil menilang 20 unit kendaraan bermotor yang tidak mampu menunjukan surat menyuratnya.

Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto SH, S,IK, MH, ketika dihubungi via hendphone, Selasa (4/10/2022) mengatakan Operasi Zebra Nala tahun 2022 merupakan operasi Kepolisian kewilayahan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcar Lantas menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023.

Read More

“Pada operasi hari pertama 20 pengendara diberi sanksi tegas berupa tilang oleh personel Sat Lantas karena pelanggarannya cukup berat dan berpotensi menyebabkan kecelakan lalu lintas,” kata Kapolres.

Ia menambahkan sedangkan untuk pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas saat berkendara di jalan raya diberi sanksi teguran.

Pada operasi hari pertama juga banyak didapati pengendara yang melanggar. Diantaranya pengendara di bawah umur sehingga belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), dan pengendara melawan arus.

“Kegiatan Operasi Zebra hari pertama (Selasa, 3/10/2022) dilaksanakan dibeberapa titik. Ada cukup banyak pengendara yang melanggar aturan dalam berkendara,” kata Kapolres Mukomuko.

Operasi Zebra Nala 2022 berlangsung selama 14 hari, dimulai sejak 3 Oktober 2022 sampai 16 Oktober 2022.

Ada tujuh jenis pelanggaran yang menjadi atensi, yakni pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara yang tidak memakai helm SNI dan sabuk pengaman, pengendara dibawah umur.

Baca Juga  Program Strategis Gubernur Bengkulu Optimalkan Infrastruktur Digital Mulai Dijajaki APJII

Kemudian, pengendara yang berboncengan lebih dari satu orang, pengendara mabuk, pengendara melawan arus, dan pengendara melebihi batas kecepatan maksimal. (Rie)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *