Pemkot Bersama DPRD Anggarkan BTT Pada APBD 2023 Sebesar Rp1.1 M Untuk Penanganan Bencana

Anggota Komisi 2 DPRD kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain

BuliranNews. Kota Bengkulu – Pemerintah Kota bersama DPRD  Kota Bengkulu kembali menganggarkan dana Belanja Tak Terduga (BTT) pada APBD 2023 sebesar Rp 1,1 miliar untuk penanganan bencana musibah banjir yang sering melanda Kota Bengkulu.

Anggota Komisi 2 DPRD kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain ketika dikonfirmasikan, Rabu (7/9/2022) mengatakan mengingat Kota Bengkulu merupakan kota yang sering terkena bencana musibah banjir maka Pemerintah Kota Bengkulu bersama DPRD Kota Bengkulu kembali menganggarkan dana belanja tak terduga (BTT) pada APBD 2023.

Read More

“Karena Kota Bengkulu bisa dibilang rawan bencana alam maupun non alam maka pemerintah perlu menganggarkan BTT pada APBD 2023,” katanya.

Ia menambahkan nantinya anggaran ini diperuntukkan apabila anggaran di OPD terkait yang khusus menangani bencana terbatas dan anggaran inilah yang akan digunakan nantinya.

Pada tahun sebelumnya kita sudah menganggarkan Rp 1 miliar, nah pada tahun depan itu anggarannya kita tambah menjadi Rp 1,1 miliar. Anggaran tersebut untuk persiapan apabila nantinya ada hal-hal tak terduga seperti bencana banjir, wabah penyakit dan lain-lain.

“Kalau anggaran misalnya di BPBD habis, ya kita pakai anggaran ini untuk bantuan logistik korban,” jelas Teuku.

Sama halnya dengan kejadian wabah Covid-19 2020 lalu. Teuku mengatakan anggaran BTT Kota Bengkulu dinilai cukup efektif terutama dalam penanganan Covid-19.

Jadi diharapkan anggaran ini nantinya bisa mengcover masyarakat yang dilanda bencana sewaktu-waktu. Penambahan anggaran itu menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini.

“Meski sempat mengalami situasi sulit bencana banjir yang akhir-akhir ini semakin sering terjadi saat hujan turun, namun untuk sementara masih bisa di back up oleh anggaran-anggran penanggulangan yang ada di masing-masing OPD,” demikian Teuku. (Adv)

Baca Juga  Pansel Ajak Masyarakat Nilai Rekam Jejak 3 Kandidat Calon Direktur RSUD M Yunus Bengkulu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *