“Peningkatan Budaya Digital Melalui Platform Podcast Di Aplikasi Sosial Media Terkini “

Penulis : Seftia Rosa Dinda (D1C020053)

Mahasiswa semester 4 Program Studi S1 Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Bengkulu.

Read More

Literasi digital merupakan sebuah perilaku individu dalam memakai teknologi untuk mengakses, mengelola, dan mengkomunikasikan sesuatu secara aktif pada teknologi digital. Masyarakat seringkali memahami literasi digital hanya sebatas penggunaan digital saja, tetapi sebenarnya literasi digital juga mencakup aspek-aspek kritis yang lainnya.

Literasi digital di Indonesia perlu ditingkatkan, agar masyarakat mampu untuk mengelola informasi yang beredar di sosial media dengan tepat yang nantinya akan berdampak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia dalam pengembangan kemampuan kognitifnya.

Budaya digital merupakan prasyarat dalam melakukan transformasi digital karena penerapan budaya digital lebih kepada mengubah pola pikir (mindset) agar dapat beradaptasi dengan perkembangan digital.Budaya digital merupakan hasil dari pola pikir, kreasi dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet yang ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Seperti sekarang ini dengan makin berkembangnya teknologi, maka budaya digital pun makin meningkat. Hal tersebut ditenggarai meningkatnya jumlah pengguna internet yang kini sudah mencapai 202,6 juta, antara lain 170 juta telah aktif di media sosial. 

Selanjutnya ada tiga aspek penting untuk membangun budaya digital baik yaitu partisipasi bagaimana masyarakat memberikan kontribusi untuk tujuan bersama. Kemudian bagaimana masyarakat memperbaiki budaya lama menjadi budaya baru yang lebih bermanfaat, dan memanfaatkan hal-hal yang sudah ada sebelumnya untuk membentuk hal baru. 

Pada masa pandemi, masyarakat menjadi semakin kreatif dalam berkomunikasi. Salah satu yang menjadi ramai diperbincangkan adalah teknologi digital podcast. Podcast merupakan sebuah bentuk hiburan yang diringkas dalam bentuk audio atau audiovisual. Isi dari podcast itu sendiri yaitu obrolan spesifik mengenai berbagai hal yang dapat dibawakan secara dialog atau monolog.

Podcast dapat dijadikan sebagai salah satu sarana dalam mengembangkan literasi digital di Indonesia. Sebab, dalam podcast biasanya membahas banyak hal. Misalnya pengalaman kehidupan, proses pengembangan diri, kesehatan mental, rencana masa depan, dan lain-lain.

Obrolan-obrolan bermakna tersebut dapat dijadikan pendengar sebagai bekal untuk mampu menghadapi perubahan yang ada di sekitar. Selain itu, kelebihan dari podcast di Aplikasi yaitu mudah untuk didengarkan, lebih fleksibel, mudah dicari, dan dapat didengarkan dalam berbagai keadaan. Budaya digital melalui podcast diharapkan dapat bermanfaat secara efektif dan dapat mengurangi kesenjangan akses digital pada seluruh masyarakat.

Berikut beberapa rekomendasi App platform podcast untuk :

Anchor

Salah satu aplikasi podcast gratis yang bisa kamu gunakan adalah Anchor yang memiliki cukup banyak fitur untuk membantu kamu membuat siaran podcast, dengan cara menggunakan yang mudah. 

Salah satunya adalah fitur editing, kamu bisa mengedit rekaman suara kamu dengan aplikasi ini. Setelah kamu edit rekamannya bisa langsung kamu share pada platform google podcast maupun apple podcast.

Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sangat populer. Aplikasi ini telah menyentuh lebih dari 500,000,000 instal di seluruh dunia. 

Aplikasi Spotify dapat digunakan di berbagai device seperti smartphone, tablet maupun komputer atau laptop. Pada aplikasi ini kamu bisa mendengarkan streaming musik terbaru hingga podcast favorit. 

Aplikasi ini tersedia pilihan premium atau berbayar untuk mendengarkan musik dan podcast tanpa iklan dengan suara yang lebih baik. 

Soundcloud

Aplikasi Sound cloud dapat digunakan untuk mendengarkan musik dan audio. Pada aplikasi ini pun terdapat pula siaran podcast dengan berbagai tema yang beragam. Kamu bisa dengan mudah merekam audio untuk langsung dishare.

Noice

Noice adalah aplikasi podcast dari Indonesia yang menawarkan berbagai macam konten audio, mulai dari musik, hingga tema-tema bincang dengan berbagai tema. Kamu bisa mendengarkan semuanya dengan gratis.

 

Baca Juga  Ombudsman RI Tandatangani Nota kesepahaman Dengan UMB Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *