Wisata Mande “Surganya” Dari Sumatera Barat

Kawasan Teluk Mandeh atau Taman Nasional Laut Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat

Sekilas pikiran menerawang bak sebuah lukisan elok yang terbayang. Lautan lepas dengan pulau-pulau karang yang tersusun menyambut beberapa ekor hiu kecil berlomba-lomba mengejar mangsa dibirunya laut dan penyu hijau yang berenang setelah menyimpan telurnya dipinggiran pantai.

Langit yang biru berpadu dengan indahnya riak ombak menyisir setiap pasir putih di tepian pantai. Udara segar bertiup riuh rendah menjamin kesejukan alami khas hutan-hutan tropis yang hijau.

Read More

Suara burung-burung camar pun menyeruak indah seakan bernyanyi dan mensyukuri pemandangan menakjubkan ini. Dari dalam air pun berkeriapan berbagai ikan berwarna cantik menghiasi karang-karang hidup yang menari gemulai. Ini adalah sebuah surga kehidupan nyata di bumi.

Deskripsi tempat indah di atas bukanlah mimpi, semuanya nyata dan benar-benar ada. Kawasan Teluk Mandeh atau Taman Nasional Laut Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat-lah tempatnya. Kepulauan yang berada di pesisir barat Provinsi  Sumatera Barat ini memang belum dikenal luas sebagai ‘tambang emas’ bagi para penggila petualangan. Namun keindahannya tidaklah kalah dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat.

Bagi para penyelam dalam dan luar Indonesia, Kawasan Mande dianggap sebagai surga yang tidak dapat diungkapkan kata-kata. Satu-satunya cara untuk membuktikan berbagai pendapat ini adalah dengan datang langsung menikmati ‘surga dunia’ di Pesisir Selatan ini.

Banyak wisatawan masih bertanya-tanya dimana letak Pulau Mandeh? atau di pencarian google menggunakan keyword pencarian jalan wisata mandeh ? sebenarnya Mandeh ini adalah sebuah Kawasan teluk mandeh.

Baca Juga  Pemkab Mukomuko Minta 85 Pemdes Segera Cairkan BLT DD Sebelum Lebaran

Terletak di Kecamatan Koto XI Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tempat wisata ini berjarak 56 kilometer dari kota Padang atau  sekitar 70 menit menggunakan transportasi darat. Pulau mandeh yang sering di sebut masyarakat umum di SUMBAR dengan kawasan Mande karna nama mande di ambil dari nama salah satu desa di kawasan pesisir pantai.

Pantai Pulau Mandeh memiliki ombak yang tenang karena berada di kawasan teluk. Banyak jajaran pulau -pulau yang bisa kamu kunjungi di sini. Setiap pulau memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Salah satunya travel mate dapat menikmati dari ketinggian pemandangan puncak mandeh dengan melalui jalan wisata mandeh yang baru di resmikan oleh presiden jokowi pada tahun 2018 lalu. sehingga di juluki sebagai Raja Ampat yang terletak di pulau Sumatera dan di kenal sebagai Raja Ampat Sumbar.

Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di Kawasan Mandeh, mulai dari Snorkeling, lompat keindahan tebing, berenang, naik bukit, nikmati hutan bakau, kegiatan olahraga air seperti selam scuba, memancing, perahu pisang, dan kegiatan lainnya.

Pulau- Pulau atau Objek wisata mandeh yang bisa kamu kunjungi dikawasan mandeh Sumatera Barat yaitu pulau Taraju, pulau Setan atau sutan, pulau Sironjong besar, pulau sironjong ketek, Pulau Marak, Pulau / Desa Kapo –kapo, Sungai Nyalo / Gemuruh yang dikenal dengan air terjunnya.

Wisata Mandeh memiliki keindahan bawah laut, terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan. Ada sekitar 70 Hektar terumbu karang yang masih terawat. Tidak hanya itu, ternyata juga tersedia bangkai kapal MV Boelongan, yang karam pada zaman penjajahan Belanda.

Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tengggelam dikawasan ini menambah nilai tambah wilayah ini. Di kawasan Mandeh juga terdapat hutan bakau seluas 389 hektare dan juga berbagai biota laut yang beraneka ragam.

Baca Juga  Tahun Depan, Pelayanan KTP & KK Ditarik ke Kecamatan

Dengan Keindahan Taman Laut Nasional Mandeh baik dari daratan maupun bawah laut (bahari) layak disebut  surga dari Sumatera Barat.

Untuk Traveling yang ingin berkunjung ke wisata mande memang memerlukan biaya, untuk biaya penyeberangan ke pulau mandeh sangat bervariasi tergantung travel mate ingin mengunjungi berapa pulau dan untuk biaya berkisar antara Rp650 ribu – hingga Rp1,5 juta/ paket tergantung paket yang diambil.

biasanya untuk paket Rp1,5 juta travel mate sudah mendapat paket menginap, dan memancing.

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan wisatawan, Kawasan mandeh sudah banyak menyediakan penginapan dan Akomodasi untuk memenuhi kebutuhan wisatawan untuk menginap.(Rie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment