5 Pilihan Tempat Wisata di Kabupaten Mukomuko

Dalam perjalanan mudik dari Bengkulu ke Sumatera Barat, penulis kembali membahas potensi wisata yang menarik di ujung pesisir Provinsi Bengkulu yakni Kabupaten Mukomuko perbatasan antara Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat.

Di Kabupaten Mukomuko juga memiliki destinasi wisata bahari yang tidak kalah indah jika dibandingkan dengan obyek wisata yang ada di kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Bengkulu.

Read More

Sekarang kami akan membahas tempat destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan yang tepat jika anda ingin berlibur bersama dengan keluarga atau kerabat anda. Destinasi wisata di tempat ini belum banyak orang yang tahu dan masih terbilang sepi.

Kabupaten Mukomuko, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu. Kabupaten ini adalah hasil dari pemekaran wilayah dari Kabupaten Bengkulu Utara.

Sedikit pengetahuan untuk anda bahwa penduduk asli Mukomuko adalah Etnis Minang Mukomuko yang merupakan bagian dari rumpun Minangkabau. Secara adat, budaya, dan bahasa Mukomuko dekat dengan wilayah Pesisir Selaan di Sumatra Barat.

Mukomuko salah satu daerah transmigrasi di luar pulau Jawa karena populasi penduduknya terbilang masih sedikit. Setiap keluarga yang melakukan transmigran disediakan tanah sebesar dua hektare untuk dijadikan tempat tinggal dan ladang usaha. Dan mayoritas transmigran yang berasal dari Jawa berprofesi sebagai petani.

Nah sekarang kami akan membahas destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

  1. Pantai Pandan Wangi

Siapa yang tidak suka menghabiskan liburan di pantai. Menikmati semilir angin, ditemani dengan pantulan sinar matahari yang menjelang tenggelam. Tidak ada yang lebih indah, jangan lupa ditemani dengan es kelapa yang menyegarkan.

Baca Juga  Bupati Pimpin Apel Gabungan Setelah Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Pantai adalah pilihan yang tepat jika anda ingin berkunjung ke Mukomuko. Tempat Wisata di Mukomuko yang satu ini menawarkan keindahan alam pantai dan pasir lembutnya. Di sini banyak sekali pantai yang indah dan masih bersih dari sampah. Salah satunya adalah Pantai Pandan Wangi.

Di Pantai Pandan Wangi Anda akan disuguhi dengan pesona alam yang begitu menyejukan mata. Kamu akan melihat pantai berpasir putih bersih, birunya air, dan pepohonan yang tersusun serasi dan indah.

Untuk lokasi tepatnya, Pantai Pandan Wangi ini berada di kelurahan Koto Joyo yang berada di kecamatan Mukomuko Bengkulu. Untuk mengunjungi pantai ini Anda hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp5,000.00

 

  1. Benteng Anna

Jika Anda bosan dengan wisata alam di Mukomuko ini ada pilihan lain yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Benteng Anna.Benteng Anna adalah benteng Tempat Wisata di Mukomuko berupa peninggalan penjajahan Inggris yang ada di Mukomuko.

Benteng ini adalah salah satu Cagar Budaya yang dilindungi pemerintah. Namun benteng ini tersisa puing-puingnya saja karena termakan oleh waktu. Sama seperti Pantai Pandan Wangi, jika Anda berkunjung ke Benteng Anna Anda harus merogoh kocek sebesar Rp5,000.00 saja.

 

  1. Pantai Batung Badoro

Objek wisata yang bisa Anda kunjungi jika anda pergi ke Mukomuko selanjutnya adalah Pantai Batung Badoro. Pantai ini salah satu pantai unik dengan bebatuan yang memanjang indah dan dikelilingi dengan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Pantai yang berlokasi di kelurahan Koto Jaya ini menyuguhkan pesona pantai yang indah. Bukan pantai namanya jika tidak bisa menikmati matahari menjelang tenggelam. Di Pantai Batung Badoro ini Anda juga bisa menikmati panorama sunset yang menawan dengan suasana yang romantis.

Baca Juga  Bupati Bengkulu Selatan Serahkan Kartu JKN- KIS Untuk Kades dan Perangkat Desa

4. Danau Nibung

 

 

Jika Anda bosan berkunjung ke pantai, ada juga tempat berair yang tidak kalah indahnya di Mukomuko. Itu adalah Danau Nibung. Danau ini juga termasuk tempat yang sering dikunjungi wisatawan karena keindahannya yang tak terkalahkan.

Tempat Wisata di Mukomuko ini menawarkan keindahan dan ketenangan danau yang meski airny abewarna hitam namun sangat menyegarkan. Bila kalian ingin berenang ddi Danau Nibung pastikan berenang ditempat yang aman. Oh ya Danau Nibung ini berlokasi di Desa Ujung Padang, Kecamatan Mukomuko Utara, Bengkulu.

 

  1. Padang Panaek

Destinasi wisata terakhir atau Tempat Wisata di Mukomuko lainnya adalah Padang Panaek. Kawasan ini adalah kawasan luas berbentuk pulau yang dikelilingi sungai mengalir. Padang Panaek ini menyuguhkan Keindahan habitat mangrove, padang pengembalaan, dan pulau cinta dengan populasi kelelawar. Destinasi wisata ini jarang dikunjungi wisatawan karena belum banyak orang yang tahu keberadaanya.

***

Itulah beberapa destinasi wisata indah di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Jangan lupa masukan Kabupaten Mukomuko ini ke dalam checklist traveling kamu yaa. Dijamin kamu akan betah disana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *