Pesona Air Terjun Panembangan “Hipnotis” Wisatawan di Momen Libur Lebaran

Pesona Air Terjun Panembangan

Libur Idul Fitri 1443 Hijriah terasa belum lengkap bila tidak diisi dengan liburan ke tempat-tempat wisata. Apalagi kampung halaman menyimpan tempat pariwisata nan-eksotik yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga, kerabat, maupun pasangan.

Read More

Di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu misalnya terdapat wisata Air Terjun Panembangan yang terletak di Desa Penembang Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Air terjun dengan ketinggian 15 meter, menawarkan pesona eksostik yang sangat indah. Dari kejauhan terdengan percikan air terjun dari hempasan 3 buah curug yang mengalir sangat deras.

Jaraknya tempuh menuju lokasi objek wisata ini sangat dengan dengan perkotaan, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya dibutuh sekitar 2 jam perjalanan menuju Kecamatan Merigi Kelindang dari pusat Kota Bengkulu. Kemudian perjalan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari pemukiman warga di Desa Penembang, yang hanya berjarak sekitar 200 meter.

Perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki, karena akses jalan menuju kelokasi air terjun belum dilakukan pembangunan karenanya masih jalan setempat yang terkadang becek habis hujan.

“Ya airnya sangat sejuk, kalau dipromosikan kita yakin pengunjung akan banyak yang datang ke sini,” ungkap Ari Anggara Sekdes Desa Penembang, Selasa (10/5/2022).

Ia menambahkan masyarakat Desa Penembang khususnya dan umumnya kecamatan Merigi Kelindang sangat mengharapkan Pemerintah Daerah (Pemda) dapat melakukan pembangunan sarana dan prasarana dikawasan air terjun tersebut sehingga pengunjung berminat mengunjungi lokasi objek wisata air terjun paling indah tersebut.

Baca Juga  Goa Napalicin Panorama Goa dengan Nuansa Bebatuan Alami

“Harapan kita Pemda mengelola objek wisata ini, agar masyarakat tahu jika di Penembang ada air terjun yang sangat indah seperti ini,” ujarnya.

Dukungan agar Pemda melakukan pengelolaan terhadap objek wisata Air Terjun Luang Tengah juga disampaikan Camat Merigi Kelindang, Hamzah.

“Saya yakin apabila objek wisata tersebut sudah dikelola dengan baik oleh Pemda, maka akan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata,” katanya.

Ia menambahkan warga di sini sangat mendukung adanya pembangunan di lokasi wisata air terjun , jika sudah dikelola diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga,” tutur Hamzah.(***)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.