12 Destinasi Wisata di Bengkulu Selatan yang Wajib Dikunjungi Ketika Mudik Lebaran

obyek wisata Lubuk Sumpit

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali lokasi wisata yang menarik. Destinasi tempat wisata di Bengkulu sendiri dapat kita bagi berdasarkan area dan lokasi dimana mereka berada.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa destinasi wisata di Bengkulu Selatan. Wisata di kawasan ini sendiri memiliki banyak sekali tempat yang pastinya akan bisa membuat kalian menarik dan sangat tertarik untuk berkunjung.  Beberapa kawasan tersebut seperti :

Read More

 

  1. Lubuk Supit

Tempat wisata yang satu ini masih tergolong baru. Namun, meskipun masih tergolong baru kawasan ini sendiri sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Bengkulu. Jika kalian mengunjungi kawasan ini, maka suasana yang ada akan mengingatkan kita pada salah satu destinasi tempat wisata di Jawa Barat yaitu Green Canyon.

Jika kita berkunjung ke tempat wisata yang satu ini ukurannya tidak lah terlalu besar, bahkan bisa dikatakan kawasan ini cenderung sempit dan kecil. Lubuk Supit ini sendiri adalah sebuah lubuk kecil yang berada di pinggir aliran sungai. Lubuk ini diapit oleh dinding-dinding padas, serta untuk memasuki lubuk ini kita harus melewati celah padas yang tak terlalu lebar.

Kawasan wisata yang satu ini sendiri berada di kawasan Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis. Meskipun tidak terlalu besar, namun keindahan yang dimilikinya tidak bisa kita abaikan begitu saja. Suasana yang sejuk dan tenang, serta keindahan alamnya yang pastinya tak akan bisa kita abaikan begitu saja. Jika kalian mencari ketenangan maka lokasi wisata yang satu ini adalah salah satu lokasi wisata yang tak bisa kalian abaikan.

 

  1. Pantai Pasar Bawah

Sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Indonesia memang tak mengherankan jika kota yang satu ini juga memiliki wisata pantai yang menakjubkan. Sebagai salah satu destinasi tempat wisata bahari di Bengkulu nama Pantai Pasar Bawah memang sudah cukup terkenal. kawasan wisata pantai yang satu ini memiliki ekosistem dan pemandangan yang cukup menarik jika kita perhatikan dengan baik.

Selain itu kawasan pantai yang satu ini akan menjadi bagian dari potensi ekowisata di Indonesia yang pastinya akan sangat menarik. Kawasan wisata yang satu ini memang tak bisa kita pandang sebelah mata begitu saja. keindahan pantai dengan deburan ombaknya yang tak terlalu besar.

Serta hembusan angin yang sejuk akan bisa membuat kita lebih merasa santai dan nyaman. Selain itu fasilitas yang ada di kawasan ini sendiri juga cukup memadai. Kita bisa menemukan beberapa spot yang nyaman untuk bersantai. Pastinya jika kalian berkunjung ke kawasan ini tak akan mengecewakan.

 

  1. Sungai Manna

Jika selama ini wisata sungai yang terkenal hanya dari sungai Musi yang menjadi salah satu destinasi wisata di Palembang, maka kali ini Bengkulu juga tak ingin kalah. Namun, jenis kegiatan wisata yang bisa kita lakukan di tempat ini bisa dikatakan cukup menantang adrenalin dan keberanian.

Kegiatan Arung Jeram merupakan kegiatan utama yang bisa kita lakukan di Sungai Manna ini. Kegiatan ini pastinya akan sangat menarik bagi mereka yang menyukai kegiatan wisata yang penuh dengan tantangan. Sebagai salah satu kegiatan wisata ekstrim di Indonesia.

memang arung jeram di Sungai Manna ini cukup menarik. Selama menyusuri sungai tersebut kita akan dimanjakan oleh pemandangan yang pastinya akan sangat menakjubkan.

Baca Juga  Pantai Sorake, Pesona Kelas Dunia di Nias Selatan

Pemandangan alam yang masih sangat asri dengan keindahan suasana yang begitu nyaman pastinya akan membuat siapa saja yang mengikuti kegiatan ini akan merasa puas. Jika kalian ingin merasakan sensasi arung jeram sungai manna sendiri, kita bisa memulainya dari kawasan Kecamatan Tanjungsakti, Kabupaten Lahat.

Lokasi tersebut merupakan titik awal perjalanan dari arung jeram di Sungai Manna. Pastikan kita tetap mematuhi peraturan keselamatan yang ada, dan jangan lupa untuk selalu di dampingi oleh mereka yang memang sudah profesional.

 

  1. Air Terjun Tiga Tingkat

Satu lagi destinasi wisata di Bengkulu Selatan yang tak boleh kita lewatkan dan menyimpan banyak sekali potensi keindahan alam yang pastinya tak bisa diabaikan begitu saja. Banyak sekali destinasi wisata yang pastinya akan sanggup membuat kita merasa betah dan puas. Salah satu contohnya adalah destinasi wisata yang berada di Desa Air Tenam, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Wisata Air Terjun Tiga Tingkat merupakan salah satu destinasi wisata baru yang ada di tempat ini. Sesuai namanya memang kawasan air terjun yang satu ini terdiri dari tiga tingkat utama. Setiap tingkatan memiliki ketinggian yang berbeda-beda satu sama lain. tingkatan pertama memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter, ketinggian kedua 20 meter, dan ketinggian ketiga 30 meter. air terjun yang satu ini merupakan salah satu tempat yang isa dikatakan memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Lokasi air terjun yang satu ini berada di kawasan hutan yang masih asli dan asri, makanya jika kalian berkunjung ke lokasi ini jangan lupa untuk menjaga kondisi alamnya. Namun, untuk dapat mencapai kawasan wisata yang satu ini dibutuhkan tenaga ekstra.

Selama perjalanan kita akan menempuh dengan berjalan kaki, melewati rerimbunan pohon yang sejuk dan menyenangkan. Jika kalian sedang berada di kawasan Bengkulu selatan, sebaiknya sempatkan sejenak untuk mampir ke wisata yang satu ini.

 

  1. Meriam “Honisuit”

Meriam Honisuit adalah senjata buatan Inggris. Kemudian Meriam Honisuit dibawa oleh tentara Jepang ketika menjajah Bengkulu Selatan sekitar tahun 1942 yang lalu, tepatnya di bawa ke Kota Manna melalui daerah Pagar Alam dan kemudian di tempatkan di kelurahan Belakang Gedung DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai alat pertahanan pantai pasukan Kekaisaran Jepang dari serangan musuh.

Meriam raksasa ini sendiri memiliki panjang sekitar 3,4 meter, bobot meriam mencapai 2,2 ton, dengan kaliber 19 sentimeter. Melihat dari dimensinya, tentu saja Meriam Honisuit adalah senjata yang cukup mematikan kala itu.

Kemudian atas kesepakatan Dinas Purbakala Provinsi Jambi dan Pemda Bengkulu Selatan, pada 10 Januari 2008 Meriam Honisuit dipindahkan oleh KODIM 0408/BS ke Bundaran Jalan Raya Padang Panjang, Manna, Bengkulu Selatan.

 

  1. Bendungan Air Nipis

Layaknya sebuah bendungan pada umumnya, di sana kamu akan disuguhkan bangunan dam yang sangat kokoh berisikan air yang cukup jernih. Pemandangan akan terlihat semakin syahdu saat kamu melemparkan pandangan lebih luas, di mana kamu akan disuguhi areal persawahan hijau yang menyejukkan mata.

Suasana di Bendungan Air Nipis akan terlihat semakin romantis di kala senja, di mana warna langit mulai memerah dan membuat air bendungan terlihat bercahaya senja. Dengan pemandangan yang disajikan, bukan hal yang aneh jika bendungan tersebut semakin ramai dikunjungi pada sore hari, terutama di kala senja akhir pekan.

Baca Juga  Gubernur Rohidin Dukung Hapus Izin Tambang di TWA Seblat

 

  1. Air Terjun Geluguran

Objek wisata alam air terjun Geluguran menjadi salah satu wisata favorit bagi para warga sekitar karena air terjun ini menyajikan keindahan alam yang menakjubkan.  Keindahan disekitar air terjun ini masih sangat alami dan asri.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan udara sejuk yang berasal dari pepohonan rindang yang tumbuh disekitar air terjun ini. Kehijauan pepohonan berpadu dengan jernihnya air menjadikan keindahan tersendiri yang tiada duanya. Suara burung-burung yang berkicau berpadu dengan gemercik air terjun menjadikan alaunan melodi alam begitu indah dan begitu nyaman.

Lokasi ini akan terlihat ramai terutama saat akhir pekan atau saat libur nasional. Dimana para pengunjung yang datang tidak hanya dari warga Bengkulu Selatan itu sendiri melainkan pengunjung dari luar kota.

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung untuk mendatangi lokasi ini adalah, air terjun geluguran ini memiliki tujuh tinggakatan. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun ini dari dekat, karena tepat dibawah air terjun ini para pengunjung dapat berenang bebas menikmati kesegaran dan kejernihan air yang dimiliki.

Para pengungunjung juga tidak perlu khawatir karena lokasi untuk mandi atau berenang dibawah air terjun ini tidak terlalu dalam hanya sekitar kuramg lebih 2 meter saja. Namun para pengunjung juga tetap perlu berhati-hati saat mandi atau berenang di lokasi ini.

 

  1. Pantai Muara Kedurang

Pantai Muara Kedurang kini menjadi incaran bagi para pengunjung tentunya para warga sekitar daerah Bengkulu Selatan. Bengkulu Selatan ini sendiri memang memiliki koleksi wisata alam berupa objek wisata pantai yang sangat indah. Salah satu keindahan objek wisatanya adalah Pantai Muara Kerudang.

Panorama dan pesona yang ditampilkan di pantai ini memang begitu indah. Air laut yang tenang dengan warna birunya yang menyejukkan mata. Ditambah dengan cerahnya langit dan berpadu dengan warna langit yang biru yang berhiaskan gerombolan awan putih yang berbentuk abstrak. Merupakan pemandangan yang dapat dinikmati oleh siapa saja yang berkunjung ke lokasi ini. Kawasan dengan dikelilingi pepohonan hijau menambah kesejukan dan ketenangan. Debur ombak yang silih berganti menerpa tepian pantai sarat akan keindahan dan bagaikan melodi alam yang begitu menenangkan jiwa.

Keindahan ini akan mencapai puncaknya dimana saat hari menjelang petang. Kala matahari mulai terbenam di ufuk Barat dan semburat cahaya langit yang berwarnakan kuning kemerahan. Layaknya cermin, air laut pun akan terlihat memantulkan kembali cahaya matahari tersebut. Sungguh momen yang sangat indah dan akan sangat disayangkan jika melewati keindahan alam ini.

 Panorama Keindahan Unik Dari Pantai Muara Kedurang

Selain menyajikan panorama keindahan yang begitu eksotis, pantai ini juga memiliki keindahan lain yang mungkin tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Dimana pantai ini sendiri memiliki muara sungai. Perpaduan antara alam pantai dengan muara sungai inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk objek wisata ini.

Di muara sungai ini juga para pengunjung dapat berenang bebas, karena di tempat ini juga telah dijadikan sebagai pemandian alam. Para pengunjung lokasi ini begitu terpesona dengan keindahan dan keunikan pantai ini.

 

  1. Goa Suruman Kedurang atau Goa Purba

Goa Suruman atau goa Purba ini berada di Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang, lokasi Goa Suruman dapat di jangkau dari permukiman desa sekitar lima belas menit menggunakan kendaraan dan dilanjutkan lima belas menit berjalan kaki.

Baca Juga  Pengunjung Mall di Bengkulu Naik 40 Persen Menjelang Lebaran

Goa Suruman ini baru saja menjadi salah satu Destinasi Wisata Alam yang akan di pasarkan di Pasar Wisata Asia, hal itu tidak luput dari kerja keras masyarakat Kedurang, khususnya masyarakat Desa Batu Ampar yang menginginkan Goa Purba Goa Suruman menjadi wisata alam yang terkenal bukan hanya di dalam negri tapi terkenal hingga ke luar negeri.

 

  1. Tebat Rukis

Tempat ini adalah taman rekreasi yang menyajikan spot foto yang sangat menarik. Pasalnya terdapat jembatan yang menghubungkan ke seberang dari pinggir kolam raksasa ini. Di jembatan inilah pengunjung kerap kali mengabadikan foto dengan berbagai gaya.

Potret keindahan kota Manna ini juga masuk dalam potensi wisata di kabupaten Bengkulu Selatan menurut Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Selatan. Hal ini menjadi PR besar bagi warga kota Manna dan setiap pengunjung untuk menjaga keindahan Tebat Rukis.

Nah, bagi pengunjung yang datang dan ingin memancing di Tebat Rukis ini juga bisa. Menikmati ketenangan suasana di sekitar sambil menyalurkan hobi tentu pasti sangat menyenangkan.

 

  1. Desa Air Tenam

Desa Air Tenam, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan memiliki beragam potensi wisata. Mulai dari air terjun bertingkat tiga, jalur arung jeram, wilayah camping ground. Akses jalan menuju desanya tidak sulit, dengan kondisi jalan baik beraspal.

Di mana jarak air terjun dengan jalan utama sekira 500 meter. Sementara jarak tempuh dari Kota Bengkulu, tidak kurang dari 4 jam perjalanan.

Air terjun dengan ketinggian 13 meter itu dilengkapi dengan kolam pemandian. Sejuknya air dan keindahan alam menyempurnakan wisata di desa ini.

 

  1. Desa Lubuk Langkap

Sebagai obyek wisata alam yang masih asli, sebelum mencapai Lubuk Langkap, para pengunung sudah disuguhi pemandangan yang sangat menakjubkan. Pasalnya di sisi kiri dan kanan jalan ada hamparan sawah petani yang sangat indah. Kemudian sesampainya di Lubuk Langkap, wisatawan dapat memarkiran kendaran di lokasi parkiran pemandian Lubuk Langkap. Setelah itu berjalan kaki sekitar 30 menit.

Setelah berjalan 30 menit menelusuri jalan setapak yang biasa digunakan petani untuk ke tempat usaha perkebunan mereka, pengunjung akan disuguhi suara kicauan berbagai macam burung menambah semaraknya suasana di sekitar air terjun.

Di lokasi, wisatawan akan menemukan satu titik air terjun yang paling indah yakni dengan ketinggian sekitar 10 meter, air terjun juga dikelilingi kekayuan yang rindang sehingga di lokasi air terjun tidak panas.

Di bawah air terjun juga ada kolam pemandian dengan kedalaman sekitar 1 meter hingga 1,5 meter. Kolam tersebut berdiameter sekitar 15 hingga 20 meter.  Di pinggir air terjun juga ada bebatuan tempat duduk-duduk sambil menunggu dan memperhatian teman-teman atau saudara yang sedang mandi.

Lalu dengan jarak sekitar 50 meter lagi, wisatawan akan menemukan air terjun satu lagi. Air terjun ini airnya tidak terlalu besar. Namun bentuknya sangat indah. Sehingga dapat melengkapi suasana alam di lokasi tersebut. Karena ada sinar matahari menyinari bagian kolam yang kecil di bagian bawah air terjun tersebut.

 

Itulah beberapa destinasi wisata di Bengkulu Selatan yang bisa kalian kunjungi. Sebagian besar dari destinasi wisata yang ada merupakan wisata alam yang masih sangat asri. Jadi, jika kalian berkunjung ke kawasan tersebut jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi lingkungan yang ada. Semoga informasi tadi bermanfaat (Rie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *