Waka II DPRD Kota Bengkulu Ikuti Prosesi Pengambilan Tanah Di DDTS Untuk IKN

prosesi pengambilan air di DDTS untuk pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur

BuliranNews, Kota Bengkulu – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu mendukung penuh rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur hal ini ditunjukan hal ini diwujudkan ikut sertanya Pemerintah Kota Bengkulu dalam prosesi pengambilan tanah dan air di Danau Dendam Tak Sudah (DDTS)

Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin yang mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, Senin (11/3/2022) mengikuti proses pengambilan tanah dan air di DDTS  untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Read More

Saat prosesi tersebut, Nuzuludin  mendampingi Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa pengambilan air ini untuk dikirim ke IKN yang baru.

“Kita mengambil air atas permintaan Pemerintah Pusat untuk dikirim ke tanah Borneo ini sebagai wujud dukungan Pemerintah Kota demi  terwujudnya Ibu Kota Negara yang baru,” ungkap Nuzuludin.

Sementara itu Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu Drs. H. S. Effendi, MS, saat proses pengambilan mata air di DDTS dan prosesi adat mengatakan pengambilan mata air ini merupakan sebuah permintaan dari Pemerintah Pusat (Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, red), dan mata air ini nanti akan di kirim langsung ke Kaltim.

Makna pengambilan mata air di DDTS ini, menurut kaca mata adat istiadat, kebiasaan masyarakat di negeri melayu khususnya termasuk Provinsi Bengkulu dan Kalimantan memiliki emosional sama-sama keturunan anak dalam.

Effendi menyebutkan proses adat ini merupakan wujud Masyarakat Provinsi Bengkulu dalam keikutsertaan dalam menyetujui menyambut IKN yang baru.

Baca Juga  DPRD Mukomuko Menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Atas LKPj-KD

“Ini wujud keikutsertaan Provinsi Bengkulu, bagaimana menyetujui, bergembira ria menyambut IKN Indonesia yang disebut Pak Jokowi Nusantara itu, akan menjadi kenyataan,” katanya.

Terlepas dari itu pengambilan air ini memiliki nilai-nilai dan yang terpenting didalam hidup ini seperti kita (manusia, red) perlu keseimbangan sebagai makhluk sosial di alam.

“Apa yang kita lakukan ini adalah keseimbangan dan ditempat yang barupun sebagai makhluk sosial di alam ini, siapapun nampak atau tidak nampak harus kita temui, maka itulah makna dari pengiriman air ini yang diminta oleh pemerintah pusat untuk tanah borneo,” terangnya.

Diketahui IKN Nusantara memiliki visi ‘Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable’ yang bisa diterjemahkan melalui pengembangan kota yang berdampingan dengan alam melalui konsep forest city serta smart and intelligent city.(Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *