Masih Ada Pustu Di Kota Bengkulu Yang Tidak Memenuhi Standar Pelayanan Publik

Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Bambang Hermanto. sidak Puskesmas Pembantu Kelurahan Sukarami, Kec. Selebar Kota Bengkulu

BuliranNews, Kota Bengkulu – Dari 54 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di Kota Bengkulu masih ditemukan adanya Pustu yang tidak memenuhi standar pelayanan masyarakat dan masih banyak kekurangan baik sarana maupun prasarana serta tenaga medis.

Hal ini ditemukan ketika Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Kota Bengkulu ke 3 titik Pustu, Senin (28/03). yakni Puskesmas Pembantu Kelurahan Sukarami, Sawah Lebar dan Pintu Batu.

Read More

“Kita melakukan sampel dengan mengunjungi tiga Pustu dan diketiga pustu tersebut tidak ada yang memenuhi standar pelayanan masyarakat dan banyak kekurangan sarana prasarana serta tenaga medis,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Bambang Hermanto.

Ia menjelaskan di beberapa Pustu yanga dikunjungi terdapat beberapa kekurangan yang sifatnya mendasar baik dari segi obat-obatan, alat medis yang umum seperti pengukur tensi darah, timbangan bayi dan lain-lain.

Dari situ kita melihat memang Pustu yang ada ini sangat banyak kekurangan. Kita harapannya pelayanan betul-betul prima sebagai pelayanan dasar masyarakat. Nyatanya yang berobat di Pustu ini masih banyak, sehingga pelayanan dan sarana prasarananya perlu kita tingkatkan.

Sementara itu, Sekretaris Komisi I, Jaya Marta juga menjelaskan berdasarkan hasil sidak ini maka kita akan segera melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan selaku OPD terkait yang menaungi Pustu apa saja kendala yang menyebabkan minimnya peralatan medis di beberapa Pustu yang ada.

“Kekurangan mendasar yang ditemukan dimana tenaga medis minimal seharusnya empat orang terdiri dari dokter, perawat, bidan dan tenaga administrasi,” ujarnya.

Baca Juga  Kades Padang Bendar Harapkan Dukung Warga Dalam Pembangunan Desa

Namun hal tersebut tidak ditemukan. Selain itu obat-obatan juga sangat minim sehingga berimbas terhadap pelayanan kepada masyarakat. Nah kekurangan-kekurangan itu harus dipenuhi untuk mencapai standar pelayanan publik agar pelayanan terhadap masyarakat juga bisa maksimal. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *