Kenagarian Pulakek Koto Baru Gelar Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

Kapolsek Sungai Pagu, Iptu Azwar Zamzami berikan penyuluhan terhadap bahaya narkoba di nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Selasa (7/11/2023) (Afriadi Nursal)

BuliranNews, Solok Selatan – Kenagarian Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Selasa (7/11/2023) melaksanakan, Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba bagi generasi muda dan tokoh masyarakat yang digelar  di Gedung MDA Nurul Iklas Jorong Ujung Tanjung.

Nara sumber kegiatan penyuluhan bahaya narkoba tersebut diberikan langsung oleh Kapolsek Sungai Pagu, Iptu Azwar Zamzami dan dari  pihak Puskesmas Muara Labuh.

Read More

Camat Sungai Pagu, yang diwakili oleh Kasi Pelayanan, Mil Ulazmi dalam sambutannya mengatakan saat ini penyalahgunaan Narkoba suda menjadi isu nasional yang harus kita tanggapi dan menjadi perhatian bagi semua pihak.

Akibat kurangnya pengetahuan terhadap bahaya narkoba saat ini banyak generasi muda kita mudah terpengaruh akan narkoba. Tapi jika mereka mengetahui dampak dan bahayanya mereka tidak akan pernah menyentuh narkoba itu.

“Selain memberikan sosialisasi, yang tidak kalah penting adalah peran orang tua yang harus mengawasi anaknya sehingga dapat terhindar dari  bahaya narkoba,” katanya.

“Dengan kegiatan sosialisasi ini generasi muda di nagari  Pulakek Koto Baru dapat terhindar dari bahaya narkoba dan bila perlu Nagari Pulakek ini menjadi “zero narkoba,” ujar Mil Ulazmi.

Selain itu dia mengatakan, para generasi muda bahkan pelajar sangat rentan dan mudah terpengaruh terhadap penyalahgunaan narkoba, untuk itu, berikan pendidikan kepada generasi muda, seperti dengan kegiatan ini.

“Peserta penyuluhan ini memiliki tanggung untuk menularkan ilmu yang didapat untuk kembali di sosialisasikan ke tengah keluarga, tetangga dan bahkan masyarakat luas,” katanya.

Baca Juga  Warga Sumringah, Desa Talang Lembak Kembali Salurkan BLT DD Tahap III 2023

Dia menambahkan, berikan pemahaman dan pengertian akan bahaya narkoba kepada keluarga dan kerabat kita. Narkoba sangat berbahaya, bisa merusak semua generasi.

“Mari secara bersama kita berantas narkoba jika mengetahui ada yang memakai atau memperdagangkan narkoba di nagari Pulakek Koto Baru ini segera  laporkan kepada pihak kepolisian atau pemerintah setempat,” jelasnya.

Sementara itu Walinagari Pulakek Koto Baru, yang diwakili Sekretaris Nagari, Tabrani, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dan difasilitasi oleh pemerintah Nagari dengan mengundang masing masing delapan orang perwakilan dari 10 jorong yang ada.

Melihat dari kasus yang ada belakangan ini, perlu adanya sosialisasi akan bahaya narkoba bagi generasi di nagari kita.

“Bahaya narkoba ini akan manjadi perhatian bagi kita bersama, bagaimana di nagari kita tidak ada tindak pidana, baik para pemakai dan pengedarnya,” katanya.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh generasi muda nagari Pulakek Koto Baru, untuk melek akan bahaya narkoba, jangan sekali kali kita mengenal narkoba itu.

Sementara itu Katua Bamus Nagari Pulakek Koto Baru, Doni Yendri, mengapresiasi kegiatan penyuluhan Tentang Bahaya narkoba ini, dimana kegiatan ini hendaknya berlanjut setiap tahun.

Menurutnya, generasi muda di nagari ini harus “zero narkoba”  jangan pernah kenal dengan narkoba, karena  akan sangat merusak generasi.

“Narkoba ini akibatnya sangat fatal, membuat generasi menjadi runtuh, untuk itu perlu dilaksanakan kegiatan sosialisasi. Tahun depan, kegiatan ini harus berlanjut dan kita dari Bamus nagari siap  mendukungnya,” ucapnya.

Kapolsek Sungai Pagu Iptu Azwar Zamzami sebagai nara sumber, memberikan materi kepada peserta secara jelas dan mudah dimengerti. Seperti dengan memberikan soal kepada peserta.

Dengan adanya soal yang diberikan, akan membuat peserta ingat dengan bahan sosialisasi yang diberikan, setelah jawaban dari soal dikumpulkan baru kita bahas tentang dampak hukum dan akibat negatif pemakaian narkoba.

Baca Juga  Wisata Alam Kota Baru Santan Ikon Pariwisata Baru Kabupaten Lebong

Dari kasus narkoba yang ada di Solok Selatan, Wilayah hukum Polsek Sungai Pagu selama ini zona merah narkoba, untuk itu, dengan sosialisasi ini, diharapkan di nagari ini tidak ada pelaku penyalahgunaan narkoba.

“Berikan laporan kepada pihak kami jika menemukan adanya tindakan yang mencurigakan terkait narkoba maupun kejahatan lainnya. Kami akn merespon setiap laporan yang masuk,” pungkasnya.

Hadir, para kegiatan penyuluhan bahaya narkoba,  Kapolsek Sungai Pagu selaku nara sumber, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Pimpinan Puskesmas Muara Labuh, Bhabinsa Sertu Sondesrial, Bhabinkantibmas, Bripka Gian Luca Viali, para staff nagari Pulakek Koto Baru dan undangan lainnya. (Afriadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *