Elisa : Indonesia Butuh Pemuda dengan Semangat Solidaritas, Integritas dan Profesional

Elisa Ermasari (Doc)

BuliranNews, Kota Bengkulu –Saat ini bangsa Indonesia terkhususnya Provinsi Bengkulu sangat membutuhkan tampilnya pemuda pemudi dengan semangat solidaritas yang kuat, teguh dalam integritasnya dan profesional dalam pengabdiannya.

“Bangsa Indonesia memerlukan pemuda pemudi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan khususnya di era milenial,” ujar Elisa Ermasari  saat menghadiri pelantikan Ikatan Pemuda Pemudi Tanjung Alai (IPPTA) Kota Bengkulu periode 2023 – 2025 di Sekretariat Perwata, Penggantungan Kota Bengkulu, Senin malam (6/11/2023).

Read More

Menurut Elisa, semangat solidaritas mengandung nilai empati sosial yang tinggi yakni kemampuan untuk merasakan penderitaan sesama, kesadaran berbagi rasa dengan orang lain. Integritas yang tinggi ditandai adanya keteguhan akhlak dan sikap berani bertanggung jawab.  “Sedangkan profesionalitas mengandalkan etos kerja, kemampuan inovasi, produktivitas dan kemampuan berdaya saing,” ujarnya dan melanjutkan, tentang bagaimana agar menjaga keseimbangan antara keimanan dan keilmuan ada dalam dirinya untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut menjadi dasar yang harus dimiliki oleh generasi muda demi terwujudnya masa depannya bisa kita bayangkan keimanan bagus tetapi keilmuannya kurang, tentu juga sulit berkembang. Sebaliknya, memiliki keilmuan yang mumpuni tetapi tidak memiliki keimanan yang cukup tentu juga menjadi persoalan.

Elisa menjelaskan  IPPTA adalah organisasi pelajar yang diharapkan bisa memberikan dampak dan manfaat bagi diri dan masyarakat, bisa bersinergi dengan pemerintah. Tentu saja banyak program-program yang bisa diambil, salah satunya pendampingan pemberdayaan pemuda dan pelajar.

Sementara itu Ketua DPC Perwata Bengkulu, Rusman, menjelaskan kehadiran IPPTA adalah untuk kemajuan para pemuda pemudi dan khususnya pemuda Tanjung Alai. Organisasi IPPTA ini tidak hanya hadir di Ke-Nagarian Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Tapi juga hadir di berbagai daerah Indonesia atau di tanah rantau.

Satu diantaranya yang berada ditingkat cabang adalah DPC IPPTA Kota Bengkulu  yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pemuda dan pelajar asal Tanjung Alai perantauan, yang berada dibawah Koordinator DPC Perwata Bengkulu.

Sama dengan induknya IPPTA, organisasi ini memegang teguh aqidah Islamiah, mengindahkan norma-norma menurut tata adat Minangkabau yang bersandikan syara’ dan syara’ yang bersandikan Kitabullah dan Sunnah Rasul serta berasaskan pancasila dan UUD 1945 dalam menjalankan roda organisasinya. (Rie)