Ombudsman Apresiasi Kabupaten Seluma Dalam Hal Memperbaiki dan Peningkatan Kelengkapan Standar Pelayanan Publik

BuliranNews.Seluma – Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu mengapresiasi semangat Pemerintah Daerah kabupaten Seluma dalam hal memperbaiki dan meningkatkan kelengkapan standar pelayanan publik karena berdasarkan catatan pada Penilaian Kepatuhan Terhadap Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tahun 2019,  Seluma berada di zona merah dan pada penilaian  tahun 2021 ini meningkat ke zona kuning atau predikat kepatuhan sedang dengan nilai 62,71. sama diketahui

“Kita mengapresiasi semangat Pemerintah Daerah kabupaten Seluma dalam hal memperbaiki dan meningkatkan kelengkapan standar pelayanan publik dari zona merah menjadi zona kuning,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu, Herdi Puryanto, S.E. yang diwakili Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi, Ade Bardiyanto, Selasa (15/2/2022).

Read More

Ia menambahkan dengan keberhasilan menjadi zona kuning maka telah terjadi peningkatan dan sekarang berada di zona kuning dan kalau melihat semangat serta komitmen bapak Bupati maka Kabupaten seluma bisa saja mencapai predikat kepatuhan tinggi atau zona hijau pada penilaian tahun 2022 ini dan tahun-tahun berikutnya.

Dalam penyerahan Hasil Penilaian Kepatuhan Terhadap Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009  tahun 2021 kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma tersebut Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bengkulu diwakili Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi, Ade Bardiyanto, Kepala Keasistenan Pemeriksaan, Jaka Andhika beserta Asisten lainnya.

Kedatangan rombongan Ombudsman diterima langsung  Bupati Kabupaten Seluma, Erwin Oktavian, SE, Sekretaris Daerah, Hadianto, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Badan, Inspektur, Staf Ahli, Camat, dan Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan sekretariat daerah Kabupaten Seluma.

Baca Juga  Fraksi PKS Tolak Kenaikan BBM Dalam Paripurna RAPBD-P 2022

Pada kesempatan tersebut, Bupati Seluma mengucapkan terima kasih atas penilaian dan perhatian Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu kepada pemerintah daerah Kabupaten Seluma.

“Saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan penilaian yang sudah dilakukan Ombudsman dan kepada Kepala OPD untuk segera melengkapi standar pelayanan public sesuai dengan yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009,” katanya.

Ia menambahkan pada tahun 2022 ini, Kabupaten Seluma harus bisa mencapai predikat kepatuhan tinggi atau zona hijau, serta setiap perangkat daerah wajib memberikan pelayanan yang terbaik dan responsive kepada masyarakat.

Ombudsman Republik Indonesia pada tahun 2021 melakukan Penilaian Kepatuhan terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 kepada 24 kementerian, 15 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota, dan 416 pemerintah kabupaten.

Adapun pada penilaian tahun 2021 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma mendapat predikat kepatuhan sedang atau berada pada zona kuning. Sebagai catatan pada Penilaian Kepatuhan Terhadap Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tahun 2019, Kabupaten Seluma berada di zona merah, sedangkan pada penilaian pada tahun 2021 ini Kabupaten Seluma meningkat kezona kuning atau predikat kepatuhan sedang dengan nilai 62,71. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *