Tingkatkan PAD, Dewan Dorong Pemkot Segera Renovasi Rusunawa

Komisi 2 DPRD Kota Bengkulu lakukan sidak ke Rusunawa

BuliranNEws.Kota Bengkulu – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi maka  DPRD Kota Bengkulu mendorong agar Pemerintah Kota Bengkulu melakukan perbaikan/renovasi terhadap Rumah Susun Sewa (Rusunawa) yang terletak di Kelurahan Dusun Besar.

Dalam peninjauan yang dilakukan oleh Komisi 2, Senin (07/02/2022), dewan melihat ada celah untuk peningkatan PAD melalui retribusi sewa rusunawa apabila bangunan serta fasilitas rusunawa diperbaiki.

Read More

“Sudah seharusnya rusunawa ini diperbaiki. Dari 96 kamar yang ada, 63 kamar diantaranya sudah terisi sedangkan 33 kamar sisanya tidak terisi karena kondisinya sudah sangat tidak layak huni,” ujar Sekretaris Komisi 2, Rahmad Mulyadi.

Ia menambahkan disini bisa kita lihat jika kondisi semua kamrnya bagus maka tidak tertutup kemungkinan semua kamar akan terisi apalagi jumlah penduduk terus mengalami peningkatan.

Oleh karena itu Rahmad meminta pemkot segera melakukan renovasi terhadap gedung Rusunawa tersebut  sehingga dapat meningkatkan PAD dari sektor retribusi.

Sementara itu Ketua Komisi 2,  Indra Sukma Samosir mengatakan dewan akan mendorong Pemkot untuk merenovasi rusunawa ini. Anggaran yang dibutuhkan lanjutnya dapat mencapai Rp 2 Miliar dan Dewan siap untuk menganggarkannya dalam Perubahan ABBD mendatang.

“Kondisi rusunawa ini sudah tidak layak huni karena selain kondisi bangunannya kurang layak juga atapnya sudah banyak yang bocor terutama dilantai atas memang kondisinya sudah sangat tidak layak huni,” ujarnya.

Ia menambahkan untuk atap sudah harus direhab total. Perkiraan total anggaran rehab ini sekitar Rp 1 sampai 2 miliar akan kita usulkan dan kita dorong di APBD,” tegasnya.

Baca Juga  Peyek Daun Kopi Kuliner Unggulan Desa Batu Ampar

Kepala UPTD Rusunawa, Samsul menjelaskan tahun lalu Rusunawa telah menyumbangkan PAD sebesar Rp 85 Juta dari target Rp 60 juta. Samsul berharap ada perbaikan terhadap gedung dan fasilitas rusunawa sehingga ke depan diharapkan seluruh unit dapat terisi dan berdampak terhadap peningkatan PAD. (****)

Leave a Reply

Your email address will not be published.