Sampah Tabut Bengkulu Capai 12 ton perhari

Kabid Persampahan, DLH Kota Bengkulu Rusman Efendi

BuliranNews, Kota Bengkulu – Festival Tabut yang merupakan ivent tahunan dalam rangka menyambut tahun baru islam di Kota Bengkulu menjadi daya tarik tersendiri bagi ribuan  masyarakat untuk datang, baik menikmati festival maupun berbelanja barang dan makanan.

Karena banyaknya pengunjung, maka sampah yang dihasilkan juga cukup banyak, yakni mencapai 35 hingga 45 meterkubik atau sekitar 12 ton per hari. Kebanyakan sampah tabut adalah sampah plastik bekas bungkus pakaian, bekas bungkus makanan dan banyak juga sisa makanan.

Read More

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Drs. Riduan, S.IP, M.Si melalui Kabid Persampahan, Rusman Efendi, Kamis (3/8/2023).

“Dalam satu hari setidaknya ada 35 sampai 50 meterkubik sampah dari area Festival Tabut tersebut dan untuk membersihkan sampah tersebut, DLH Kota Bengkulu menurunkan lebih kurang 70 orang petugas kebersihan. Petugas tersebut dibagi menjadi petugas penyapu, sopir truk sampah dan mengangkut sampah,” katanya.

Untuk mengantisipasi tumpukan sampah tersebut DLH mulai H-1 hingga H – 5 petugas menyiapkan 4 kontiner,  3 pick up dan  1 dump truk pengangkut, namun terhitung mulai H-6 hingga H+ 2 DLH menambah armada pengangkut menjadi 4 dump truk.

Untuk memudahkan petugas kebersihan membersihkan sampah, di dalam area Festival Tabut panitia sudah menyiapkan 4 kontainer. Jumlah sampah area festival tabut diperkirakan meningkat dari tahun lalu.(rie)

 

Baca Juga  Maulid Nabi Muhammad SAW, Cari Empati, Memperkuat Silaturahmi Untuk Menjaga Perasaan Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *