BNNK Bengkulu Selatan Bentuk Desa Bersinar Di Desa Lubuk Ladung dan Desa Darat Sawah

BuliranNews,Bengkulu Selatan – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bengkulu Selatan terus berkomitmen mencegah dan memberantas narkoba dengan melakukan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Salah satu program yang kami laksanakan tahun ini yakni kami membentuk desa bersinar di Desa Lubuk Ladung, Kecamatan Kedurang dan Desa Darat Sawah, Kecamatan Seginim,” kata Kepala BNNK BS, AKBP Ali Imron SE saat melaksanakan press release di kantor BNNK BS, Senin (27/12).

Read More

Dikatakannya, tujuan pembentukan Desa Bersinar ini tidak lain adalah untuk mendorong upaya P4GN hingga ketingkat bawah, yakni desa dan kelurahan dengan melibatkan aparatur pemerintah danWhatsApp Image 2021-12-27 at 13.55.18 masyarakat di desa maupun kelurahan setempat.

Pada program Desa Bersinar ini, dilaksanakan kegiatan pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, serta rehabilitasi pecandu atau pengguna narkoba. Untuk rehabilitasi yang dilaksanakan pada kelurahan maupun Desa Bersinar ini dilakukan melalui program IBM atau Intervensi Berbasis Masyarakat.

“Program ini meliputi beberapa rangkaian kegiatan seperti pembentukan dan fasilitasi agen pemulihan yang diharapkan mampu melakukan intervensi, rehabilitasi, dan pasca rehabilitasi secara mandiri di lingkungan masyarakat,” jelas Ali.

Selain itu, lanjutnya, dalam bidang pencegahan BNNK Bengkulu Selatan melaksanakan dua program nasional, meliputi pembentukan Remaja Teman Sebaya.

Program ini bertujuan membentuk lingkaran remaja teman sebaya yang saling mendukung dan memiliki ketahanan tinggi dalam tiga aspek (self-regulation, assertiveness, dan reaching out).
“Target tahun 2021 adalah 10 remaja dapat ditingkatkan ketahanan dirinya melalui 10 kali pertemuan. Alhamdulillah target ini berhasil terpenuhi,” ujarnya.

Baca Juga  Tongkat Komando 3 Kapolres Segera Berpindah, Nuswanto Jabat Kapolres Mukomuko

Kemudian program kedua adalah Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Ini bertujuan meningkatkan ketahanan keluarga (ayah, ibu, dan anak) dalam membentengi diri dari penyalahgunaan narkoba melalui kemampuan berkomunikasi, mengenali stres dan parenting skill. Dimana IKK meningkat dari 50 persen tahun lalu menjadi 84,6 persen pada tahun 2021. Intervensi ini dilaksanakan di Desa Gunung Kembang, Kecamatan Manna dengan sasaran 20 orang dari 10 keluarga.

“Kami juga melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi atau KIE melalui talk show, pembuatan konten-konten di media sosial, media luar ruang sampai radio lokal serta melaksanakan interaksi dengan remaja sebaya. Dengan membina 10 orang duta anti narkoba setingkat SMA yang mana diharapkan kedepannya nanti menjadi konselor bagi teman sebaya mereka,” beber Ali Imron.

Ditambahkan Ali Imron, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan pemberantasan dengan berhasil melakukan penindakan terhadap kasus penyalahgunaan narkoba sebanyak 2 tindak pidana narkoba sebagaimana yang sudah ditargetkan pada tahun lalu.

“Untuk kasus yang pertama itu pada pada bulan Mei dengan TKP Desa Lubuk Ladung, yang diamankan seorang pria yang berprofesi sebagai petani dan barang bukti yang berhasil diamankan itu yakni 3 paket ganja. Kemudian pada bulan Juni lalu kembali diamankan satu orang pria dengan pekerjaan swasta di Jalan Puyang Sakti, dengan barang bukti yang diamankan itu berupa 3 paket sabu dan satu timbangan digital. Masing-masing tersangka saat ini sedang menjalani hukumannya di Rutan Kelas II B Manna,” beber Ali.

Sementara untuk kegiatan dibidang rehabilitasi, Ali Imron mengklaim pihaknya sudah melakukan 23 residen dari target sebanyak 20 residen untuk rawat jalan. Lalu untuk program pasca rehab sebanyak 10 residen sesuai target dan untuk SKHPN sudah mengeluarkan total 51 SKHPN. Bahkan dalam pembentukan program rehabilitasi berbasis masyarakat di Desa Lubuk Ladung dengan satu Agen pemulihan telah berhasil melakukan rehabilitasi secara mandiri sebanyak 10 residen. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *