Kota Tuo, Pemukiman Kumuh Yang Disulap Menjadi Destinasi Baru Wisata di Kota Bengkulu

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Kota Bengkulu, saat ini sudah ada destinasi wisata baru yang sarat dengan sejarah dimana Pasar Bengkulu merupakan salah satu saksi sejarah berjuangan masyarakat Kota Bengkulu melawan penjajah.

Destinasi wisata  kota tua yang sebelumnya merupakan kawasan kumuh yang ada di Kota Bengkulu disulap oleh pemerintah kota menjadi salah satu objek wisata yang mampu menarik minat wisatawan. Objek wisata Kota Tuo terletak di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu.

Read More

“Pembangunan Kota Tuo dengan anggaran (tahun) 2021 ini bukan yang terakhir oleh karena itu kami perlu doa dan dukungan setiap masyarakat serta tunjukkan bahwa pembangunan tahap pertama ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan ketika melakukan peresmian wisata kota tua beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan pembangunan wisata Kota Tuo baru memasuki tahap pertama dari tiga tahap yang direncanakan. Di kawasan tersebut terdapat monumen Pasar Bengkulu guna memperingati tewasnya masyarakat Bengkulu saat melawan tentara Sekutu Inggris pada 5 November 1945.

Konon, ada tiga orang tentara Sekutu dari Palembang yang ingin pergi ke tambang emas Lebong Tandai. Rakyat yang terhimpun dalam Penjaga Keamanan Rakyat (PKR) mencegat karena dianggap akan sangat berbahaya sekali bagi Republik Indonesia. Mereka hendak menguasai RI merdeka dengan mengarahkan pistolnya kepada salah satu PKR Syafii Ibrahim sehingga dua orang dari mereka dibunuh dan satu luka berat.

Oleh karena itu, Wali Kota mengajak seluruh masyarakat khususnya warga Kota Bengkulu untuk bersama-sama menjaga objek wisata Kota Tuo tersebut.

Baca Juga  Program Makmur Mampu Meningkatkan Kesejahteraan Petani

“Mari kita jaga sama-sama wisata ini dan kami memerlukan kerja sama dengan masyarakat sebab apa yang kita bangun ini adalah milik masyarakat dan ini komitmen kita menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat,” kata Helmi.

Objek Wisata Kolaborasi Pemerintah dan Pemkot Bengkulu

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Bengkulu, I Made Ardana, mengatakan jika pembangunan Kota Tua merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPP) Bengkulu, dan Pemkot Bengkulu.

Kolaborasi tersebut bertujuan untuk menata setiap kawasan kumuh yang ada di Kota Bengkulu.

Untuk lebih menarik minat wisatawan berkunjung ke wisata kota tua selain pemandangan pesisir pantai yang indah, pemerintah kota juga akan menyediakan kapal untuk wisatawan yang ingin berkeliling menyisiri indahnya sungai Bengkulu.

“Dalam rangka mendukung program pariwisata kota tua ini kita akan memanfaatkan 1 unit kapal bantuan dari Kementrian Perhubungann (Kemenhub) yang berkapasitas 35 Gross Ton(GT),” katanya.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published.