Bengkulu Outer Ring Road Nakau – Air Sebakul Rampung Dikerjakan

Bengkulu Outer Ring Road Nakau – Air Sebakul

BuliranNews.Bengkulu – Bengkulu Outer Ring Road (BORR) yang menghubungkan kawasan Simpang 4 Nakau hingga Simpang 4 Air Sebakul akhirnya selesai dikerjakan. Hal ini setelah Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) mengantongi izin pemakaian kawasan karena masuk dalam kawasan Cagar Alam (CA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

Pembangunan BORR sempat tertunda cukup lama hampir 4-5 tahun, karena terkendala perizinan dan pada 2019 kembali dikerjakan, namun dengan sedikit perubahan akibat situasi kondisi lahan sehingga ada perubahan perhitungan anggaran.

Read More

Gubernur Bengkulu ketika meninjau progres pembangunan BORR pada 2019 lalu mengatakan  pembangunan BORR ini kembali mulai dikerjakan. Ketika jalan ini sudah beroperasi dan diakses masyarakat, tentu akan berdampak positif bagi kemajuan daerah. Apalagi, jalan ini nantinya juga terhubung dengan pintu masuk TOL yang letaknya di Air Sebakul dan tentu akan menjadi kawasan ekonomi baru.

Sementara itu pihak BKSDA berharap dengan dibangunnya BORR ini kelestarian kawasan konservasi ini dapat terpelihara dengan baik. Karena sama-sama kita ketahui jalan ini membelah kawasan Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah (CA DDTS).

Sedangkan Kepala BPJn Bengkulu, M. Diantoro Murod menerangkan, terkait dengan progres, pembangunan lanjutan BOOR ini menunjukkan deviasi positif sebesar 8,6 persen. Untuk target selesai, tetap sesuai dengan jadwal awal yakni 31 Desember 2021.

“Ketika selesai tepat waktu, maka pekan pertama tahun depan sudah bisa dilewati,” jelas Diantoro.

Ia menambahkan, karena jalan ini nantinya diprediksi bakal menjadi akses tranportasi bagi angkutan bermuatan, seperti batu bara, maka pihaknya berharap agar masyarakat dapat mengawasinya bersama-sama.

Baca Juga  Antara Pengabdian Dan Pembohongan Publik

“Jangan sampai kendaraan bermuatan itu melebihi tonase, ataupun beriring-iringan terutama saat berada di atas jembatan elevated,” tegasnya.

Untuk diketahui, proyek pembangunan BORR membelah kawasan Cagar Alam (CA) Danau Dendam Tak Sudah (DDTS), yang dimulai dari Simpang 4 Nakau hingga Simpang 4 Air Sebakul sepanjang 5,8 KM. (***)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *