Jariang Batokok, Nan Menggoda dari Tanah Minang

BERBICARA tentang ragam kuliner jengkol (jariang – sebutan di Sumatera Barat-red) sangat beragam. Mulai dari gulai jengkol, kaleo jengkol, rendang jengkol, jengkol goreng dan lalapan jengkol.

Namun ada satu jenis kuliner jengkol yang jarang diangkat ke permukaan, padahal sangat memnggugah selera. Kuliner ini adalah jengkol geprek alias jariang batokok.

Read More

Berbeda dengan kuliner jengkol lainnya, membuat jariang batokok sangatlah mudah dan simpel dan tak membutuhkan bahan yang banyak.

Bahan utamanya jelas jengkol yang sudah layak dikonsumsi, minyak goreng, bawang merah dan garam sesukupnya,

Bawang mentah dan garam diulek dengan ditambahkan tiga biji rawit (kalau doyan pedas). Bawangnya jangan sampai halus, cukup 3/4 halus saja.

Selanjutnya, jengkol yang telah matang tadi ditumbuk atau digeprek di atas bumbu bawang dan garam tadi hingga gepeng.

Setelah seluruh jengkol ditumbuk, lantas diaduk secara merata agar bumbu tadi meresap sempurna ke seluruh jengkol.

Kemudian jengkol ditempatkan dalam sebuah wadah dan disiram dengan minyak goreng panas. Malah yang lebih enak, diguyur dengan minyak tanak atau minyak goreng bikinan sendiri. Setelah semuanya selesai, jengkol tadi ditaburi bawang goreng.

Rasanya, mak nyos. Sulit diungkapkan dengan kata-kata. Siapapun yang mencicipinya, akan selalu nambah dan nambah. Selamat mencoba. (ted)

Artikel ini sudah ditayangkan di buliran dengan  https://buliran.com/13348/jariang-batokok-nan-menggoda-dari-tanah-minang.html

 

Baca Juga  Bupati BU Berkomitmen Tingkatkan Standar Pelayanan Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published.